in

Pinjaman Online untuk UMKM yang Membantu Kelangsungan Usaha

Pinjaman Online untuk UMKM
www.istockphoto.com

Layanan pinjaman online untuk UMKM hadir untuk membantu kelangsungan sebuah usaha sekaligus memajukan perekonomian Indonesia. Kehadiran layanan fintech ini seringkali dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan individu atau pribadi.

Namun bukan hanya kebutuhan pribadi, tetapi pinjaman online juga memungkinkan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan syarat dan proses yang mudah, pinjaman online pun menjadi solusi tepat sebagai sumber pendanaan untuk hal ini.

Pinjaman Online untuk UMKM
www.istockphoto.com

3 Platform Pinjaman Online untuk UMKM

Tidak sedikit dari pelaku UMKM yang mengalami kesulitan dalam hal pendanaan usaha. Modal usaha menjadi permasalahan utama yang seringkali menghambat pertumbuhan usaha para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Untuk mengatasi permasalahan ini UMKM memerlukan kredit yang mudah dan juga cepat, seperti layanan pinjol atau pinjaman online. Pinjaman atau kredit ini memungkinkan pelaku UMKM untuk bisa mengakses layanan kredit dengan lebih mudah.

Sekarang ini sudah banyak layanan pinjol untuk UMKM yang bahkan telah memperoleh izin beroperasi resmi dari OJK. Adapun tiga platform pinjol dengan syarat dan proses mudah yang sesuai untuk pelaku UMKM adalah sebagai berikut:

Modalku

Modalku merupakan fintech P2P (peer-to-peer) yang telah terbukti legalitasnya dan memiliki fokus pinjaman untuk usaha. Artinya, Modalku berperan untuk mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman dana secara langsung.

Platform pinjaman online untuk UMKM ini menawarkan pendanaan invoice dengan limit mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 200 miliar. Tenor pinjamannya mulai dari 15 hari sampai 90 hari tanpa jaminan.

Syarat utama mengajukan pinjaman pada aplikasi Modalku adalah memiliki usaha yang telah berjalan selama 1 tahun. Beberapa ketentuan lain yang perlu dipenuhi, seperti berdomisili di Jabodetabek, telah berusia minimal 21-60 tahu, usaha dapat berbentuk CV, PT, atau perorangan dan memiliki omzet bisnis yang tercatat di rekening bank.

Koinworks

Pinjaman Koinworks merupakan fintech P2P lending resmi OJK yang memiliki fokus untuk memberikan pinjaman dana kepada pengusaha kecil dan menengah. Koinworks menyediakan layanan pendanaan online dengan plafon pinjaman mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 500 juta dengan tenor 6 sampai 24 bulan.

Koinworks juga menangguhkan bunga sebesar 0,75%-1,67% flat per bulan serta biaya persetujuan kredit mulai dari 2%-4%. Ada juga biaya asuransi jiwa sebesar 0,24% dan biaya administrasi sebesar Rp 100 ribu rupiah.

Syarat-syarat untuk mengajukan pinjaman pada platform pinjaman online untuk UMKM ini adalah WNI, berusia 21 tahun, memiliki bisnis yang telah berjalan selama 1 tahun, dan dokumen lain, seperti NPWP, TDP, serta SIUP. Ketika pengguna melakukan pelunasan pinjaman lebih cepat, maka tidak akan ada biaya penalti untuk pinjaman modal usaha.

Investree

Investree menawarkan layanan pembiayaan invoice atau tagihan. Artinya, ketika calon nasabah Investree memiliki tagihan pada layanan kredit tertentu, maka ia bisa memberikannya pada Investree untuk kemudian diberikan pinjaman dengan tenor tertentu.

Dengan begitu, calon nasabah tidak perlu menyerahkan aset pribadinya. Hanya dengan layanan tagihan invoice dan tagihan yang menjadi jaminan dalam pengajuan pinjaman invoice ini.

Platform ini akan menalangi tagihan tersebut hingga 80% dari nilai tagihan. Limit pinjamannya mencapai Rp 500 juta hingga Rp2,5 miliar. Tenor pinjamannya dalam waktu 1 sampai 3 bulan.

Selain pinjaman konvensional, Investree juga menawarkan produk pinjaman berbasis syariah. Sangat sesuai untuk pengusaha yang memerlukan pinjaman dana tunai tanpa riba.

Itulah 3 rekomendasi platform pinjaman online untuk UMKM. Masing-masing platform tersebut menawarkan produk pinjaman yang berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Selain itu, platform-platform tersebut juga terdaftar pada OJK sehingga lebih aman dan terpercaya.

Pinjaman Online Crowdo

Pinjaman Online Crowdo Aman dan Terdaftar OJK

Tips dan Trik Menentukan Pinjaman Online